Road to PKPT 2022, Strategi BI Memperkuat Ekonomi Priangan Timur

- Minggu, 29 Mei 2022 | 07:07 WIB

Mediapriangan.com -  Road to Pagelaran Kreasi Priangan Timur tahun 2022 yang diselenggarakan Sabtu dan Minggu (28-29/5/2022) di Plaza Asia Tasikmalaya merupakan rangkaian kegiatan flagship event Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya, dengan kegiatan utamanya adalah showcasing/pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Priangan Timur.

Kepala Unit Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif dan Syariah pada Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Tasikmalaya, Rizmah Nurchasanah mengatakan, Road to Pagelaran Kreasi Priangan Timur 2022 puncak kegiatannya akan dilaksanakan pada Oktober 2022. Tujuannya adalah untuk mendorong pengembangan UMKM di Priangan Timur.

Pemulihan ekonomi harus dimulai dari upaya mendorong pengembangan terhadap sektor UMKM, karena UMKM memiliki peranan penting terhadap perekonomian nasional terutama ketika terjadi krisis. Secara teori ekonomi, tidak mungkin bisa pulih kalau kita tidak segera memulihkan UMKM-nya. Hal itu karena sebanyak 99 persen pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM.  

-

Baca juga: Pemerintah Siapkan Rp 300 Triliun Untuk Santri Dan Mahasiswa Entrepreneur

Lebih lanjut Rizma menuturkan, pemulihan ekonomi di wilayah Priangan Timur menunjukkan arah positif yang tercermin dari laju pertumbuhan ekonomi sebesar 3,56% (yoy) pada tahun 2021.

Intervensi kebijakan yang dijalankan BI bersama pemerintah dan stakeholder terkait, telah mendorong pemulihan ekonomi termasuk di daerah. Pemulihan ekonomi yang terjadi tidak luput dari perbaikan kinerja UMKM.

Dia membeberkan, pada sisi hilir, BI melalui berbagai program seperti onboarding dan kurasi, mendorong UMKM go digital untuk dapat memperluas jaringan pemasaran online melalui marketplace, media sosial dan berbagai chanel digital.

"BI secara konsisten mendorong UMKM untuk dapat menerapkan ekonomi hijau (green economy) dari hulu sampai hilir," katanya. 

Halaman:

Editor: Asep Budi Karyana

Tags

Terkini

X