• Rabu, 17 Agustus 2022

KPU Kabupaten Tasikmalaya Siap Melaksanakan Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:13 WIB

Mediapriangan.com - Tahap pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 sudah dibuka dengan kurun waktu 1-14 Agustus 2022. Pada saat yang sama, KPU RI melakukan verifikasi administrasi terhadap data dan dokumen yang telah diunggah melalui sipol.

Pada tahap pendaftaran partai politik, KPU RI membagi tiga kategori partai yang akan mendaftar. Dimana kategori pertama yakni partai politik yang telah lolos ambang batas parlemen (parliamentary threshold) dan memiliki kursi di DPR RI. 

Partai ini jumlahnya ada 9 partai politik. Pasca mendaftar, maka partai kategori ini hanya dilakukan verifikasi administrasi saja, tanpa verifikasi faktual ke lapangan. 

Kategori kedua yakni partai politik yang tidak lolos parliamentary threshold pada pemilu sebelumnya, jumlahnya ada 7 partai. Dan kategori ketiga, yakni partai politik baru yang mendaftar ke KPU RI. Kedua kategori ini, dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. 

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Diskominfo Bentuk Unit Saber Hoaks Di Kabupaten Dan Kota Se-Jawa Barat

Tahapan verifikasi partai politik calon peserta pemilu 2024 ini akan dilakukan secara administrasi dan faktual. Verifikasi administrasi ini dilakukan oleh KPU RI. Tidak seperti pada Pemilu sebelum-sebelumnya. 

"Jadi pada pemilu kali ini, tidak ada lagi pendaftaran seperti di pemilu  sebelumnya. Sebab kini partai politik mendaftar langsung dengan mengakses Sipol KPU RI," ujar Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jajang Jamaludin, Rabu (3/8/2022). 

Dengan sistem pelaksanaan pemilu saat ini, maka kata Jajang, sangat meringankan dan memudahkan tugas-tugas KPU di daerah secara teknis. 

Sehingga beban kerja pada tahapan ini pun dinilai lebih ringan. Sebab segala tugas yang biasanya dilakukan di daerah (KPU Kabupaten/kota) kini diambil alih oleh KPU RI. 

Halaman:

Editor: D Kamil

Tags

Terkini

X