• Jumat, 9 Desember 2022

Tidak Hanya di Indonesia, Negara Ini Punya Tradisi Unik Saat Merayakan Iduladha

- Minggu, 3 Juli 2022 | 20:28 WIB

Mediapriangan.com -  Menjelang datangnya iduladha 1443 Hijriyah, umat Islam di seluruh dunia tengah bersiap menyambut dengan berbagai tradisi sehingga perayaannya lebih meriah.

Iduladha di berbagai negara, tidak hanya melaksanakan salat Ied dan penyembelihan hewan kurban saja, begitu banyak keberagaman masyarakat muslim di dunia yang menerapkan tradisi tertentu. 

Kemeriahan Iduladha diberbagai negara rupanya mempunyai cara dan tradisi tersendiri, ada yang unik dan bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan daging kurban

Keunikan tradisi Iduladha yang digelar oleh masyarakat dari berbagai negara, seperti berikut ini. 

Tradisi Unik Iduladha di Indonesia

Sebelum hewan kurban disembelih, masyarakat di Pasuruan Jawa Timur akan memandikan dan meriasnya dengan bunga tujuh rupa serta kain putih. 

Sapi yang dirias dalam tradisi manten nantinya akan diarak. Lantas, baru disembelih. Tradisi ini melambangkan penghormatan manusia kepada hewan kurban. 

Lain halnya tradisi di Maluku Tengah yaitu Kaul dan Abda’u, yang mana penduduk akan menggendong hewan kurban. Hewan kurban ini berupa kambing. Lantas diarak sambil melantunkan dzikir dan shalawat, baru setelah itu disembelih.

Baca juga: Kementerian Agama Tetapkan Iduladha 1443 H Jatuh Pada Minggu 10 Juli 2022

Halaman:

Editor: Yiyin Sulastri

Tags

Terkini

Pengertian dan Syarat DibolehkannyaTayamum

Jumat, 28 Oktober 2022 | 16:25 WIB

Kemerdekaan Indonesia , Betapapun Harus Terus Dimaknai

Minggu, 14 Agustus 2022 | 07:10 WIB

Mengenal Sang Primadona Hewan Kurban

Sabtu, 9 Juli 2022 | 16:40 WIB
X