• Jumat, 9 Desember 2022

Keutamaan Puasa Arafah Menjelang Iduladha 2022, Menghapus Dosa Selama 2 Tahun

- Selasa, 5 Juli 2022 | 09:41 WIB

Mediapriangan.com - Puasa sunnah Arafah jatuh pada tanggal 9 Zulhijah dimana pada tanggal tersebut umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji melakukan wukuf di Padang Arafah.

Bagi umat muslim yang tidak sedang menunaikan ibadah haji disunnahkan untuk melaksanakan puasa Arafah, karena memiliki keutamaan yang sangat besar diantaranya adalah  menghapus dosa selama dua tahun. 

Sementara umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji diutamakan untuk tidak berpuasa Arafah, dengan alasan agar cukup kuat untuk menjalankan seluruh rangkaian ibadah pada hari arafah seperti berdoa, bermalam di Arafah, pergi ke Muzdalifah bermalam di Muzdalifah dan sejenisnya.

Abu Hurairah pernah meriwayatkan bahwasannya Nabi Muhamad telah melarang puasa di hari Arafah atau di lokasi Arafah untuk mereka yang melaksanakan ibadah haji. 

Baca juga: Ini Kumpulan Ucapan Selamat Sarat Makna Dan Doa, Menyambut Lebaran Iduladha 2022

Begitu mulianya amal shaleh yang dapat dikerjakan pada 10 hari pertama bulan Zulhijah ini, sehingga Rasulullah SAW bersabda  yang artinya “Tidak ada hari yang amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh Allah selain sepuluh hari pertama bulan Zulhijah.” 

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, termasuk lebih utama daripada jihad di jalan Allah?,” Rasulullah menjawab, “Termasuk lebih utama dibandingkan jihad di jalan Allah kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan sesuatu apapun dari jiwa dan hartanya karena ia mati syahid di medan jihad” (HR al-Bukhari, Ahmad, at-Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Baca juga: Bacaan Niat Berkurban Iduladha Dan Doa Menyembelih Hewan Kurban

Puasa sunnah Arafah setidaknya ada dua keutamaan yang begitu besar, yaitu :

Halaman:

Editor: Asep Budi Karyana

Tags

Terkini

Pengertian dan Syarat DibolehkannyaTayamum

Jumat, 28 Oktober 2022 | 16:25 WIB

Kemerdekaan Indonesia , Betapapun Harus Terus Dimaknai

Minggu, 14 Agustus 2022 | 07:10 WIB

Mengenal Sang Primadona Hewan Kurban

Sabtu, 9 Juli 2022 | 16:40 WIB
X