• Selasa, 27 September 2022

Korban Bank Emok Dan Bumil Melahirkan, Ramaikan Karnaval HUT Ke 77 RI Di Kabupaten Tasikmalaya

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:56 WIB
Kemeriahan HUT Ke 77 RI di Kabupaten Tasikmalaya, diwarnai perserta karnaval yang berperan sebagai korban bank emok. (Dede Farhan Kamil)
Kemeriahan HUT Ke 77 RI di Kabupaten Tasikmalaya, diwarnai perserta karnaval yang berperan sebagai korban bank emok. (Dede Farhan Kamil)

MEDIAPRIANGAN -  Setidaknya tiga ribu jiwa warga Desa Cikunir, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, tumplek mengiringi karnaval jampana HUT Ke 77 RI, di lapangan Pojokdedes tepat di depan kantor Desa Cikunir, Rabu (17/8/2022). 

Berbagai bentuk kreasi seni jampana unik dipertontonkan dalam karnaval HUT Ke 77 RI, mulai dari yang menyerupai serangga purbakala, binatang, hingga benda bernuansa teknologi modern seperti robot dan peralatan perang. 

Selain jampana, kreativitas warga dari tiga kedusunan di 17 Rukun Warga (RW) dan 64 Rukun Tetangga (RT) dalam  mengenakan aksesoris dan busana, membuat suasana peringatan HUT Ke 77 RI di Kabupaten Tasikmalaya kian meriah.

Baca Juga: Upacara Bendera Memperingati Kemerdekaan Indonesia Ke 77 Tingkat Kabupaten Ciamis Berlangsung Khidmat

Kelucuan pun muncul saat sejumlah pemuda  mengenakan busana wanita dengan menempel poster di dada bertuliskan korban bank emok.

Penampilan lain adalah ibu hamil (bumil) diiringi sejumlah remaja mengenakan pakaian ala suster, yang tiba-tiba melahirkan di tengah barisan, akibat mendengar suara dentuman keras dari bedil lodong karbit. 

"Ini hanya untuk menghibur saja. Gak asli lah. Kami ingin menyampaikan pesan bahwa dalam momentum kemerdekaan Indonesia ini masih banyak masyarakat yang belum merdeka dari kemiskinan," kata Yusep (19) sambil mengangkat poster korban bank emok.

Baca Juga: Asal Usul Sumedang Berasal Dari Prabu Tajimalela, Artinya Lahir Untuk Memberikan Penerangan

Ketua RT 01 Perum Cintaraja Permai, Mirwan mengaku, sangat bahagia dapat kembali menyemarakkan HUT Kemerdekaan Indonesia bersama seluruh warga, setelah hampir tiga tahun tidak melakukannya, akibat adanya pembatasan karena Covid-19. 

Halaman:

Editor: Dede Farhan Kamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X