• Selasa, 29 November 2022

Tradisi Nyuguh, Warisan Budaya yang Menjadi Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Ciamis

- Sabtu, 24 September 2022 | 06:39 WIB
Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, menyerahkan Sertifikat Warisan Budaya Tak benda Indonesia atas Budaya Nyuguh dan Gondang Buhun dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI kepada Ketua Adat Kampung Kuta, pada Kamis 22 September 2022.  (Foto Prokopim Ciamis)
Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, menyerahkan Sertifikat Warisan Budaya Tak benda Indonesia atas Budaya Nyuguh dan Gondang Buhun dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI kepada Ketua Adat Kampung Kuta, pada Kamis 22 September 2022. (Foto Prokopim Ciamis)

Mediapriangan.com - Nyuguh merupakan salah satu warisan budaya leluhur yang menjadi tradisi Kampung Adat Kuta, dilaksanakan pada tanggal 25 Shafar, setiap setahun sekali.

Sebagai warisan budaya, tujuan Nyuguh sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam setahun ini telah diberikan rezeki yang telah dilimpahkan dari hasil bumi.

Nyuguh yang diawali dengan gelar budaya dan pameran hasil bumi, merupakan warisan budaya Kampung Kuta, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis.

Baca Juga: Tidak Tersentuh Bansos Pemerintah, Baznas Ciamis Salurkan Bantuan Sembako Senilai Rp150 Juta

Dalam tradisi Nyuguh tersebut digelar juga berbagai kesenian tradisional, seperti Gondang Buhun, ronggeng dan kesenian lainnya.

Gelar budaya Nyuguh tersebut laksanakan di area persawahan Kampung Kuta, dibuka oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, pada Kamis 22 September 2022.

Acara dihadiri perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pariwisata dan Ekraf, Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Baca Juga: Sah! RUU PDP Menjadi Undang-Undang, Ini Dia Jenis Data Pribadi yang Dilindungi

Juga hadir pada acara tersebut, Kepala Balai Pelestarian Jawa Barat, Dandim 0613 Ciamis, Kepala Disbudpora Ciamis serta tokoh agama dan masyarakat.

Halaman:

Editor: Budi Raspati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X